Tanaman Karnivornia

Dionaea muscipula atau Venus Flytrap merupakan tanaman karnivora paling terkenal karena aktivitas dan efisiensinya yang tinggi dalam memerangkap mangsa. Perangkapnya terdapat pada sepasang daun bergigi yang memiliki rambut ultra sensitif.

Sepasangan daun tersebut dapat merasakan kehadiran hewan atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di sepasang daun yang bentuknya menyerupai gigi ini tersentuh, maka daun akan menutup dan memerangkap hewan apa pun yang mendekatinya.

Tanaman karnivora pada umumnya memang tumbuh di alam liar. Mereka tumbuh dengan membuat bagian tubuh mereka jadi perangkat untuk menangkap serangga guna menyerap nutrisinya. Beberapa tanaman karnivora mengeluarkan bau, bentuk, warna ataupun cara lainnya untuk memancing mangasanya.

Venus Flytrap hidup secara natural di daerah utara dan selatan Carolina. Tanaman ini memiliki daun yang berwarna hijau di daerah tangkap dan dekat capit penangkapnya. Pada bagian rahangnya biasanya berwarna merah di bagian dalam diikuti dengan gigi-giginya disepanjang bibirnya.

Para serangga sangat tertarik dengan warna dan bau nektar yang dihasilkan oleh Venus Flytrap. Ketika seranggap menghampiri dan hinggap di dalam rahang, seketika tanaman ini akan langsung menutup dengan kecepatan luar biasa dan membuat serangga terjebak.

Tanaman ini menghasilkan enzim yang dapat melunakkan tubuh serangga yang tercepit diantara daun yang bergigi, sehingga dapat dicerna. Setelah beberapa hari (tergantung ukuran serangga), tanaman ini akan terbuka kembali dan meninggalkan sisa-sisa kerangka yang sudah dicera.

Venus Flytrap sangat menyukai sinar, terutama sinar Matahari. Pada musim panas, tanaman ini akan berkembang dengan sangat pesat apabila disinari langsung dari sinar Matahari. Tingkat popularitas tanaman karnivora di Indonesia memang terbilang masih rendah. Kenapa bisa seperti itu?  Hal ini dikarenakan, kebanyakan orang masih menganggap bahwa merawat tanaman ini sulit dan berbahaya. Jadi, lebih baik kita harus tahu jenis-jenis tanaman tersebut dan apakah jenis tanaman tersebut mendukung untuk dibudidayakan di daerah pemukiman yang kita tempati. Sebenarnya masih banyak lagi jenis tanaman karnivora lainnya, namun jenis diatas merupakan jenis yang bisa dibudidayakan di Indonesia. Sisanya yang lain tidak disarankan karena alasan iklim yang tidak mendukung.