Manfaat Daun Sirsak

Manfaat daun sirsak

Sirsak adalah tanaman buah yang masih familly dengan buah sirkaya, dimana memiliki tekstur pohon kering dan berukuran diameter kecil. Selain menghasilkan buah, daun sirsak ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Daun sirsak merupakan salah satu bahan obat tradisional yang hingga kini masih digunakan oleh sebagian orang di Indonesia.

Beberapa manfaat yang terdapat di dalam daun sirsak antara lain seperti dapat mengatasi asam urat, mencegah penyakit batu ginjal, dapat menurunkan hipertensi, menyembuhkan bisul, menyembuhkan diabetes militus, mengobati kanker, mengatasi sesak nafas, dapat mengatasi penyakit jantung koroner, mengobati batuk ringan, sebagai obat wasir, dan dapat mengobati batuk ringan untuk semua umur.

Untuk meracik daun sirsak tidak terlalu sulit, dan tidak ada tambahan bahan-bahan yang lainnya. Berikut adalah cara untuk membuat minuman jamu atau ramuan untuk mengatasi penyakit yang disebutkan :

  • Siapkan 10 lembar daun sirsak yang sudah dibersihkan menggunakan air bersih.
  • Rebus 3 gelas air putih bersamaan dengan daun sirsak yang sudah bersih.
  • Tunggu beberapa menit hingga air menyisakan 1 gelas air ramuan.
  • Ramuan sudah bisa diminum.

Dalam mengonsumsi minuman herbal daun sirsak, diharapkan jangan mengonsumsinya setiap hari. Daun sirsak memiliki senyawa yang dapat membuat tubuh anda terasa sedikit hangat. Jika dikonsumsi disetiap hari dengan jangka waktu yang cukup panjang, akan dapat membuat rambut anda rontok.