Manfaat Buah Naga

Manfaat buah naga

Buah naga sudah sangat terkenal akan manfaatnya bagi tubuh manusia. Buah yang termasuk dalam jenis tanaman kaktus ini sangat unik. Pasalnya, sebelum menjadi buah, bunganya akan mulai bersemi sejak sore hingga malam hari. Ia akan layu hanya saat terkena sinar matahari. Dari keindahan bunga buah naga ini, buah naga dinamakan sebagai moonflower atau Queen Of The Night.

Fisik dari buahnya pun tergolong unik, mulai dari kulitnya hingga dagingnya. Beberapa mungkin terbiasa dengan penampilan buah naga dengan kulitnya yang berwarna merah, namun ada juga buah naga yang berkulit kuning dan memang hampir sama sekilas dengan nanas. Bagian dalamnya pun ada yang berwarna ungu dan ada yang berwarna putih. Tampilan bagian dalam buahnya hampir sama dengan kiwi, yakni terdapat biji hitam kecil-kecil yang juga bisa dimakan.

Buah naga ini asli dari Amerika Tengah, namun juga berkembang dan diekspor dari beberapa negara Asia Tenggara, seperti Thailand dan Vietnam. Hylocereus undatus, bahasa latin dari buah naga, merupakan buah dengan rendah kalori namun menawarkan banyak sekali nutrisi termasuk vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan.

Beberapa orang mengira bahwa buah naga dengan daging putih dan merah berbeda, namun sebenarnya sama-sama bernutrisi bagi tubuh. Buah ini aman untuk dikonsumsi oleh siapapun, bahkan untuk ibu hamil sekalipun.

Sedangkan manfaat buah naga juga sangat penting bagi kesehatan, seperti dapat membantu mengurangi berat badan, camilan sehat bagi yang sedang diet, membantu proses detoksifikasi (mengeluarkan racun dari tubuh), mencegah kanker, mencegah diabetes, mencegah serangan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, menunda penuaan dini, dan melancarkan peredaran darah.

Sementara untuk ibu hamil yang mengonsumsi buah naga juga sangat baik, karena dapat menjaga tekanan darah, mejaga kadar gula dalam darah, mengatasi anemia, menambah tenaga, mencegah keguguran, memperkuat tulang dan gigi, membantu perkembangan serta pertumbuhan janin.

Beberapa manfaat yang ada didalam buah naga sama baiknya dengan buah-buah yang lainnya. Buah yang muncul dari tanaman jenis kaktus ini sangat mudah didapat, karena sudah sangat banyak super market atau pasar yang menjual buah ini dengan harga yang murah.