Khasiat Lidah Buaya

Khasiat Lidah Buaya

Lidah Buaya adalah tanaman tropis yang terkenal dengan getahnya yang baik untuk pertumbuhan rambut. Secara tradisional, daging lidah buaya dapat digunakan sebagai masker rambut, hingga mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Aloe Vera ini juga mempunyai khasiat-khasiat lain bagi tubuh manusia. tak jarang dari beberapa wilayah yang ada di Indonesia, akan mengolah lidah buaya menjadi sayur.

Khasiat lidah buaya diantaranya dapat mempercepat penyembuhan luka, mengatasi iritasi, melembabkan kulit, mencegah penuaan dini, menghilangkan jerawat, mengatasi kulit kering, mengurangi plak gigi, dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Sebagai alternatif alami, cobalah menggantinya dengan lidah buaya. Dilansir dari Journal of Health, jus lidah buaya murni ternyata efektif untuk mengurangi plak sebagai bahan obat kumur generik. Ramuan ini memiliki fungsi sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

Lidah buaya mengandung anti virus yang bisa membantu melawan herpes. Selain itu, kandungan antiflamasinya berfungsi untuk menenangkan dan menyembuhkan iritasi. Untuk pertolongan pertama, oleskan lidah buaya pada kulit yang pecah-pecah karena cuaca dingin.

Selanjutnya, lidah buaya juga dapat membantu perawatan kulit dengan lotion memang suatu hal yang wajar. Namun, menurut riset dari The Indian Journal of Dermatology, lidah buaya tidak hanya kaya akan vitamin A, C dan E, tapi juga mengandung mineral dan antioksidan yang mengikat sel kulit untuk melembutkan lapisan luar dan memperbaiki kondisi kulit. Aloe vera ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kulit kering.

Alangkah kayanya Indonesia dengan tersedianya tumbuhan-tumbuhan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun karena keterbatasan pengetahuan, membuat sebagian wilayah di Indonesia tidak menyukai tanaman ini karena memiliki aroma yang tidak enak.