Efek Samping Mengonsumsi Benalu

Efek samping obat benalu

Benalu adalah tanaman parasit yang tumbuh dengan cara menempel, dan tanaman lain akan dijadikan inangnya untuk mengambil nutrisi. Tanaman ini akan tumbuh dengan sendirinya di batang, atau ranting pohon dengan merugikan pohon induknya.

Meski demikian, benalu memiliki manfaat yang mampu membunuh sel tumor, sehingga tidak akan ada tumor yang tumbuh didalam tubuh manusia. Hal ini dikarenakan, didalam daun benalu terkandung unsur yang bisa mencegah membesarnya sel tumor. Kandungan di dalam daun benalu tersebut dapat membunuh sel-sel tumor yang bisa berubah menjadi kanker ganas.

Benalu memang memiliki beragam manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Tetapi, ada baiknya kita tetap waspada mengenai penggunaan daun benalu sebagai obat herbal yang dikonsumsi. Berikut ada beberapa efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan oleh tanaman parasit yang satu ini:

  • Pada tahap wajar, benalu bisa menyebabkan diare.
  • Daun benalu yang masuk kedalam tubuh dalam dosis sedang bisa membuat perut sakit.
  • Daun benalu dalam takaran sedang bisa membuat perut menjadi kembung.
  • Dosis yang sedikit berlebihan pada konsumsi daun benalu juga bisa mengakibatkan kehilangan nafsu makan.
  • Dosis sedang pada konsumsi benalu bisa menyebabkan mulut menjadi kering.
  • Dosis berlebihan pada konsumsi daun benalu bisa mengkibatkan kematian.

Daun benalu memang banyak yang mempercayai sebagai obat herbal. Daun dari tanaman parasit yang satu ini bahkan sudah banyak digunakan sebagai bahan untuk ramua traditional Cina untuk mengobati berbagai macam penyakit. Namun perlu diingat, belum terlalu banyak penelitian yang dilakukan mengenai kandungan daun benalu. Jika anda mengalami gejala keracunan setelah mengkonsumsi daun benalu dalam takaran yang berlebihan, ketahui gejalanya:

  • Kepala pusing
  • Berkunang-kunang
  • Sakit kepala

Jika hal ini terjadi, dianjurkan untuk segera konsultasi ke dokter untuk dapat ditindak lanjuti dengan penetralnya. Ketergantungan benalu kepada tanaman lain ternyata dapat memberikan manfaat bagi manusia. Namun harus dibedakan antara benalu yang ada di pohon mangga, benalu cengkeh, dan benalu yang dapat tumbuh di tanaman lain. Karena benalu mempunyai kandungan yang berbeda-beda dari setiap bentuk dan asalnya.