Bunga Kembang Sepatu

Bunga kembang sepatu merupakan tumbuhan semak yang dapat dijadikan tanaman hias

Bunga kembang sepatu adalah jenis tanaman semak yang berasal dari Asia Timur yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Bunga ini memiliki kelopak bunga yang besar, berwarna merah dan tidak berbau. Bunga sepatu biasanya diambil untuk dijadikan tanaman hias karena bentuk dan warnanya cukup cantik.

Kembang sepatu merupakan tumbuhan Indonesia yang banyak dijumpai di beberapa wilayah seperti Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Kalimantan, dan hampir di seluruh plosok negeri. Karena tumbuhan ini juga merupakan tumbuhan semak yang banyak muncul di hutan-hutan.

Selain tumbuh subur di Indonesia, kembang sepatu juga banyak tumbuh di Malaysia. Penduduk Malaysia menyebutnya dengan bunga raya, dan pada tanggal 28 Juli 1960 bunga ini dinobatkan sebagai bunga nasional Malaysia.

Kembang sepatu memiliki 5 helai daun kelopak yang dilindungi kelopak tambahan, maka sekilas bunga ini terlihat seperti memiliki dua lapis kelopak bunga. Bunga tak berbau ini pada umumnya akan tumbuh hingga sekitar 2 sampai 5 meter.

Di alam liar, bunga kembang sepatu hanya akan berbunga di musim panas hingga musim gugur. Namun jika ditanam didaerah tropis atau dirumah kaca, ia akan berbungga sepanjang tahun dengan warna yang lebih cerah. Bunga yang cukup familiar ini juga dapat digunakan sebagai menyemir sepatu. Meski demikian, bunga ini hanya digunakan sebagai tanaman hias, atau dijadikan tanaman pagar.

Di Pulau Jawa, bunga kembang sepatu juga dikeringkan untuk dijadikan teh dengan tujuan pengobatan. Sedangkan di Tiongkok, bunga ini dimanfaatkan sebagai bahan pewarna makanan alami. Meski memiliki banyak manfaat, bunga kembang sepatu hanyalah sebuah tanaman semak yang cantik untuk dijadikan tanaman hias di dalam pot.