Buah Dewandaru Penghuni Karimunjawa

Buah Dewandaru

Dewandaru kini kembali melambung setelah ramainya Karimunjawa Jawa Tengah, dan dewandaru dianggap buah 90 an yang sudah punah. Dewandaru adalah jenis tanaman buah yang memiliki nama latin Eugenia Uniflora L, dan masih keluarga dari cermai. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 5 m lebih.

Buah Ndaru masih memiliki kerabat dengan jambu air, bentuknya bulat dan berlekuk. Sepintas buah ini mirip seperti buah Cermai, hanya saja warnanya akan berubah saat mendekati masa siap petik, dari hijau, kuning, oranye, hingga merah tua saat matang.

Walaupun kecil, buah ini mengandung banyak sekali manfaat loh Saboom, dalam buah ini terdapat banyak protein, karbohidrat, dan vitamin C, serta kandungan air. Dari beberapa situs kesehatan online, buah mungil ini bisa mengatasi penyakit seperti hipertensi, berfungsi sebagai anti-bakteri dan anti-oksidan, serta gejala penyakit kanker.

Baca juga : 11 Manfaat Buah Dewandaru

Mirip seperti buah legendaris Ciplukan yang sudah tak terdengar lagi kabarnya, namun tiba-tiba muncul di supermarket dengan harga mahal, buah Ndaru juga mengalami hal serupa. Jika dulu buah ini bisa dijumpai di jalan atau depan rumah, sekarang kamu masih bisa menikmati buah ini, tapi dibanderol dengan harga yang super mahal. Untuk bibit dewandaru dengan tinggi 20-40 cm, bisa dibeli dengan harga Rp30.000-Rp35.000. sedangkan buah yang sudah matang bisa mencapai 100 ribu di beberapa situs jual beli online.

Selain buah yang mengandung banyak khasiat untuk kesehatan, kayu pohon Ndaru pun mulai dicari kembali oleh para pengrajin. Yap, batang dari pohon yang katanya ajaib ini bisa disulap menjadi berbagai barang kerajinan dengan harga yang fantastis. Di sekitar objek wisata Karimunjawa, sebagian warga bahkan mengubah batang pohon ini menjadi souvenir berupa tongkat, gelang, tasbih, serta berbagai aksesoris yang laku keras di pasaran turis domestik.

Buah yang sudah semakin langka karena keberadaannya yang sangat terbatas ini menjadikan buah yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Semenjak adanya tempat wisata Pulau Karimunjawa yang ada di Jawa Tengah, buah dewandaru kini seakan hidup kembali karena di Pulau itu sangat banyak ditumbuhi pohon dewandaru. Buah dewandaru pun menjadi salah satu oleh-oleh dari Karimunjawa.